Hotline 082276331437
Informasi lebih lanjut?
Home » Tempat Wisata » Goa Giri Putri, Wisata Sejarah Hingga Pura Sembahyang

Goa Giri Putri, Wisata Sejarah Hingga Pura Sembahyang – Destinasi wisata di Nusa Penida Bali terkenal dengan wisata alam berupa pantai yang indah dan mempesona. Namun Nusa Penida juga memiliki wisata goa yang tidak kalah unik untuk dikunjungi yakni Goa Giri Putri. Apa aja yang ditawarkan ditempat ini? Yuk kita simak bersama informasi mengenai sejarah, lokasi, jam buka, tiket masuk dan fasilitas yang ada di Pura terkenal di Nusa Penida ini.

Goa Giri Putri, Wisata Sejarah Hingga Pura Sembahyang

Sejarah Tentang Goa Giri Putri

Goa Giri Putri adalah sebuah destinasi wisata unik dan terkenal dikalangan wisatawan yang berkunjung ke Nusa Penida. Didalam goa ini terdapat pura yang digunakan sebagai tempat ibadah / sembahyang Umat Hindu warga Bali yang ingin melakukan pemurnian.

pintu masuk goa giri putri foto

Sebelum masuk Kamu wajib melewati pintu goa yang kecil berukuran satu orang saja namun ruangan didalam goa cukup lebar. Jika biasanya Kamu mendengar goa itu gelap, maka di Pura Giri Putri ini sudah ada penerangan berupa lampu.

Terdapat 6 Pura yang ada di goa ini. 5 lokasi berada didalam goa dan 1 lokasi berada di luar goa. Setiap harinya ada warga yang beribadah menggunakan pakaian adat Bali. Air yang berada didalam goa dipercaya oleh masyarakat sekitar dapat menyembuhkan beberapa macam penyakit.

Goa di Nusa Penida ini sendiri memiliki arti Goa yakni “gua”, Giri berarti “bukit” dan putri yang memiliki makna kekuatan. Jadi bila diartikan secara menyeluruh menurut sejarah maka goa ini memiliki makna bahwa Pura yang dibangun didalam bukit untuk Dewa Siwa.

Lokasi dan Akses

Kamu dapat berkunjung ke wisata goa sekaligus pura di Nusa Penida ini yang lokasinya beralamat lengkap di Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771. Jika Kamu dari Bali maka Kamu harus menyeberang terlebih dahulu menggunakan kapal ke Pelabuhan Toyapakeh di Nusa Penida. Setelah itu dapat melanjutkan perjalanan menggunakan sepeda motor ataupun mobil dengan menempuh jarak 15,5 Km dengan waktu tempuh sekitar 35 menit dari Pelabuhan Toyapakeh menuju Pura Goa Giri Putri.

Hari dan Jam Buka

Pura tempat ibadah di Nusa Penida ini buka setiap hari dari hari Senin hingga Minggu yang buka dari jam 17.00 hingga jam 00.00. Pastikan Kamu datang pada jam tersebut agar tidak menunggu lama ataupun telah tutup.

Tiket Masuk

Untuk dapat memasuki goa, Kamu wajib membayar tiket masuk perorangnya yang biayanya sebagai berikut :

  • Tiket masuk : Rp.10.000
  • Parkir mobil : Rp.5.000
  • Parkir sepeda motor : Rp.2.000

Fasilitas Goa Giri Putri

Beberapa fasilitas yang terdapat pada Pura di Nusa Penida ini antara lain seperti :

  • Kain Kamen
  • Warung diluar goa
  • Toko souvenir diluar goa
  • Toilet
  • Tempat parkir

Lokasi Wisata Terdekat

Beberapa lokasi wisata alternatif terdekat lainnya yang dapat Kamu kunjungi antara lain seperti :

  • Pantai Lempuyang Suana
  • Turtle Bay
  • Diamond Beach
  • Sampalan Beach

Hotel dan Penginapan Terdekat

Beberapa hotel dan penginapan terdekat dengan lokasi Goa ini antara lain yakni :

Hotel Harga Keterangan
Cave Beach Bungalow Rp.400.000,- Pesan di Traveloka
Adara Beach Hut Rp.260.000,- Pesan di Traveloka
The Sagara Penida Rp.954.000,- Pesan di Traveloka
Juan Beach Bungalow Rp.490.000,- Pesan di Traveloka
Manta Cottage Sea View Rp.300.000,- Pesan di Traveloka
Desila Beach House Rp.549.000,- Pesan di Traveloka
Kalpataru Cottage Rp.273.000,- Pesan di Traveloka
Pandawa Hill Resort Rp.528.000,- Pesan di Traveloka
Malibu Huts Nusa Penida Rp.432.000,- Pesan di Traveloka
Pradana Beach Inn Rp.529.000,- Pesan di Traveloka

Nah itulah Goa Giri Putri Nusa Penida ang merupakan wisata sejarah hingga pura sembahyang yang dapat menjadi referensi traveling di Bali. Kamu juga dapat menggunakan layanan paket wisata Bali 3 hari 2 malam di Amartha Wisata.

5/5 - (1 vote)

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

travel medan padang

Travel Medan Padang | Tiket 400K | 0822-7633-1437

9 September 2024 71x Travel Mobil

Travel Medan Padang | Tiket 400K | 0822-7633-1437 – Ingin mencari travel Medan Padang ataupun travel Padang ke Medan dengan layanan terbaik? Anda dapat menggunakan layanan jasa travel tersebut bersama dengan Amartha Wisata. Berikut ini informasi yang bisa Anda dapatkan mulai dari tentang jasa travel, lokasi antar jemput, jadwal keberangkatan, harga tiket h... selengkapnya

jadwal railink medan

Jadwal Railink Medan Kualanamu 2024 Terbaru

23 May 2024 107x Artikel

Jadwal Railink Medan Kualanamu 2024 Terbaru – Medan adalah Kota Besar ketiga di Indonesia yang juga merupakan Ibukota provinsi Sumatera Utara. Kota ini memiliki daya tarik baik dari segi pariwisata, budaya, dan pusat bisnis yang semakin berkembang. Untuk mendukung kelancaran mobilitas masyarakat, Kota ini memiliki Bandara Internasional Kualanamu (KNO) yang... selengkapnya

cemongkak beach

Cemongkak Beach, Pantai Indah di Selatan Bali

15 October 2024 209x Tempat Wisata

Cemongkak Beach, Pantai Indah di Selatan Bali – Bali merupakan tujuan wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Berwisata ke pantai adalah pilihan utama wisatawan untuk datang ke Pulau Dewata. Salah satu pantai yang wajib Kamu kunjungi adalah Cemongkak Beach Bali. Apa saja yang ditawarkan dipantai ini? Berikut adalah informasi tentang wisata mula... selengkapnya

Kontak Kami

Amartha Wisata

Phone : 0822-7633-1437

email : contact@amarthawisata.com

Live Chat

Online Senin – Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Tentang Kami

Amartha Wisata adalah agen tour & travel di Medan yang menyediakan berbagai pilihan paket tour seperti paket wisata Medan, domestik dan luar negeri. Kami juga menyediakan layanan wisata lainnya seperti jasa pengurusan visa dan rental / sewa mobil Medan.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.