Hotline 082276331437
Informasi lebih lanjut?
Home » Tempat Wisata » Pulau Putri Sibolga, Wisata Pantai Indah di Tapanuli Utara

Pulau Putri Sibolga, Wisata Pantai Indah di Sumatera Utara – Sumatera Utara tidak akan pernah kehabisan destinasi wisata baharinya. Salah satunya ada di dekat Kota Sibolga. Ya, Pulau Putri adalah kepingan surga dan hidden gems yang patut Kamu jelajahi terutama wisata bawah airnya. Apa saja daya tarik wisata di pulau ini? Yuk mari kita simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Pulau Putri Sibolga

Tentang Wisata

Pulau Putri Sibolga adalah salah satu pulau di Tapanuli Utara yang menawarkan keindahan pantainya. Walaupun pulau ini tidak sebesar Pulau Mursala yang menjadi tempat syuting film kingkong, namun Pulau Putri ini sering dikunjungi oleh wisatawan domestik hingga mancanegara.

pulau putri sibolga

Pulau Putri ini sering disebut juga oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Pulau Pasir Putih. Memiliki luas hanya 2,5 hektar pulau ini menawarkan pantai yang pasir putih yang lembut dan air lautnya yang berwarna biru jernih sehingga Kamu dapat langsung melihat keindahan biota bawah laut seperti aneka terumbu karang dan ikan kecil berwarna-warni.

Pulau ini memiliki ombak yang kecil sehingga sangat aman dan cocok untuk wisata bawah air seperti snorkeling ataupun diving. Peralatan untuk snorkeling dan diving dapat diperoleh dengan cara menyewanya di Kota Sibolga. Tidak hanya itu dipulau ini juga Kamu dapat bermalam dengan cara camping, namun harus dipandu oleh guide lokal agar tetap aman dan terjaga karena di pulau ini tidak ada penginapan ataupun hotel.

Bawalah persediaan air minum yang cukup untuk melepas dahagamu, karena dipulau ini tidak ada air tawar yang dapat di konsumsi di Pulau Putri Sibolga.

Sejarah Pulau Putri Sibolga

Menurut kepercayaan masyarakat Sibolga Pulau Putri memiliki sejarah yang disampaikan dan diceritakan secara turun menurun. Pulau ini adalah tempat bersembunyi Putri Runduk yang merupakan ratu kerajaan yang ada di Pulau Mursala.

pulau putri sibolga foto

Putri Runduk memiliki kecantikan yang sangat luar biasa hingga terdengar oleh Raja Janggi dari India. Namun karena sudah memiliki tambatan hati  Datuk Hitam seorang raja di Sorkam maka Putri Runduk menolak cinta Raja Janggi dengan syarat menyatukan kerajaan Mursala dan Sorkam sebelum ayam berkokok di pagi hari.

Putri Runduk mencoba berbagai cara untuk menggagalkan rencana tersebut namun rencana tersebut diketahui oleh Raja Janggi dan membuat dia murka. Lalu Putri Runduk melarikan diri dan menceburkan diri ke laut di sekitar Pulau Putri ini.

Lokasi dan Akses

Dimana lokasi Pulau Putri? Pulau ini berada di Desa Tapian Nauli I Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Kamu dapat berkunjung ke pantai ini dengan menggunakan akses perahu melalui Pelabuhan yang di Kota Sibolga. Perjalanan akan menempuh jarak 12 mil dan waktu tempuh 1 jam dari Kota Sibolga. Letak Pulau Putri persis bersebelahan dengan Pulau Mursala yang terkenal sebagai tempat syuting Film Kingkong.

Hari dan Jam Buka

Pantai ini buka setiap hari dari Senin hingga Minggu yang buka selama 24 jam. Pulau di Tapanuli Tengah ini tidak berpenghuni sehingga sangat cocok untuk Kamu yang ingin mencari ketenangan dan kenyamanan.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk gratis, namun Kamu cukup membayar biaya sewa kapal ke Pulau Putri ini berkisar antara 650 ribu hingga 1 jutaan per orangnya. Biaya tersebut tidak hanya ke Pulau Putri saja, namun termasuk beberapa pulau indah terdekat lainnya seperti Pulau Mursala, Pulau Kalimantung, Pulau Poncan dan Air Terjun Putri. Namun jika harga tersebut masih terlalu mahal, Kamu dapat menikmati paket wisata Sibolga 1 hari hanya 389 ribuan saja per orangnya yang sudah termasuk peralatan snorkeling dan biaya kapal.

Fasilitas Wisata

Fasilitas wisata di pulau ini masih sangat minim. Namun beberapa fasilitas yang sudah tersedia di pulau ini seperti :

  • Dermaga
  • Pondok Gazebo
  • Toilet

Nah itulah Pulau Putri Sibolga, wisata pantai indah di Tapanuli Utara yang dapat menjadi referensi liburanmu ketika berada di Sibolga. Tentunya jika Kamu ingin menikmati keindahan bawah laut, pulau ini sangat Kami rekomendasikan untuk dikunjungi. Yuk liburan sekarang bareng Amartha Wisata.

5/5 - (3 votes)

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

travel medan kota pinang

Travel Medan Kota Pinang | Ongkos 260K | 0822-7633-1437

3 October 2024 55x Tempat Wisata

Travel Medan Kota Pinang | Ongkos 260K | 0822-7633-1437 – Butuh transportasi untuk bepergian dari Medan ke Kota Pinang ataupun sebaliknya? Tenang saja karena kini Amartha Wisata menyediakan layanan jasa travel Medan Kota Pinang dengan aman dan nyaman. Daftar IsiTravel Medan Kota PinangTentang Jasa TravelLokasi Antar dan JemputJadwal Penjemputan dan Keberan... selengkapnya

kebun teh sidamanik foto

Wisata Kebun Teh Sidamanik, Sejarah, Lokasi, dan Biaya Masuk

21 September 2024 234x Tempat Wisata

Wisata Kebun Teh Sidamanik, Sejarah, Lokasi, dan Biaya Masuk – Setelah kita membahas salah kebun teh Blitar, saatnya kita kembali ke wisata yang ada di Sumatera Utara. Ya sebuah perkebunan teh yang lokasinya tidak begitu jauh dari Kota Pematang Siantar. Apa saja daya tarik wisata yang ditawarkan ditempat ini? Yuk mari kita ulas informasi selengkapnya..... selengkapnya

Sleeping Budha Wisata Patung Tidur Terbesar di Thailand

Sleeping Budha, Wisata Patung Tidur Terbesar di Thailand

8 September 2024 63x Artikel, Tempat Wisata

Sleeping Budha, Wisata Patung Tidur Terbesar di Thailand – Thailand merupakan salah satu negara yang terkenal memiliki banyak kuil dan patung-patung Buddha terbesar didunia. Nama patung Buddha tersebut adalah Sleeping Budha yang berada di kuil Wat Pho. Apa saja daya tarik tempat ini? Yuk kita simak bersama sejarah, lokasi, jam buka hingga tiket masuk terba... selengkapnya

Kontak Kami

Amartha Wisata

Phone : 0822-7633-1437

email : contact@amarthawisata.com

Live Chat

Online Senin – Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Tentang Kami

Amartha Wisata adalah agen tour & travel di Medan yang menyediakan berbagai pilihan paket tour seperti paket wisata Medan, domestik dan luar negeri. Kami juga menyediakan layanan wisata lainnya seperti jasa pengurusan visa dan rental / sewa mobil Medan.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.